1 November 2009

S.O.S

Dicelotehkan oleh Si_Isna jam 11:29
Tolong saya... saya sedang dalam status memerlukan pertolongan, and for God sake I really need one...

Semuanya berawal sekitar lima tahun yang lalu. Saya yang dari dulu memang suka banget menumpahkan semua perenungan, pemikiran, pertanyaan, imajinasi, sumpah serapah, kedongkol... yah, pokoknya semua yang ada di pikiran saya ke dalam tulisan, pada akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah cerita panjang. Awalnya, saya berencana untuk menyebut karya (wannabe) saya ini sebagai sebuah novel, tapi saya ga yakin apa tulisan saya tersebut sudah masuk kategori novel atau belum, jadi saya putuskan untuk menyebutnya cerita panjang a.k.a cerpan... hehheee...

Singkat cerita, alur cerpan saya pun berjalan seperti yang sudah saya rencanakan, terus mengalir... hingga terkadang saya merasa seakan-akan juga ikut terseret masuk ke dalam cerita yang saya buat.

Tapi tiba-tiba tulisan saya mandeg di tengah jalan karena saat itu saya mulai bergabung sebagai penyiar di salah satu radio swasta di Banjarmasin. Saya terlalu asyik dengan kegiatan saya sampai-sampai cerpen saya pun terbengkalai.

Di tengah jalan, saya kepikiran lagi sama tuh cerpan. Apalagi saya dapat semangat dari Nuna, teman kos saya yang saat itu juga lagi getol-getolnya nulis novel pertamanya (kira-kira sekarang udah selesai belum ya novel dia...?? http://www.emocutez.com ).
Dan berlanjutlah proses tulis menulis cerpan sambil sesekali saya bertukar ide sama Nuna (yang jarang banget update blog-nya... grrr... http://www.emocutez.com )

Tapi lagi-lagi ide saya mandeg, padahal cerpan saya udah sampai ke konflik permasalahan. Kali ini dikarenakan saya harus konsentrasi sama skripsi saya. Bener-bener ga ada waktu lagi buat mikirin cerpan sementara saya saja juga harus nyempat-nyempatin ngerjain skripsi disela-sela pekerjaan (sekedar intermezzo : dulu saya kuliah sambil bekerja). Dan kembali, cerpan saya lagi-lagi terlupakan untuk semementara.

Tapi akhirnya saat-saat itu datang juga. Saya mengundurkan diri dari pekerjaan dan saya juga berhasil menyelesaikan kuliah saya. Saatnya untuk menyelesaikan apa yang sudah saya mulai lima tahun yang lalu.

J.K. Rowling pernah bilang seperti ini...
untuk mendapatkan alur cerita yang bagus, cukup biarkan saja ia mengalir

Dan itulah yang saya lakukan. Saya biarkan alur cerpan saya terus mengalir, dan jujur aja, saat saya baca kembali, saya juga ga nyangka kalau cerpan saya itu terasa hidup banget (narsis mode on... hehhee...), sampai akhirnya saya menemukan masalah.

Saya terjebak oleh cerita saya sendiri.
Atau lebih tepatnya...
Saya jatuh cinta sama tokoh ciptaan saya sendiri...
Yang lebih gawat lagi, dia bukan pemeran utama dalam cerpan saya... yang berarti pada akhirnya dia diharuskan untuk kalah.
Tapi saya ga mau...
Saya mau dia yang menang...
Dan itulah permasalahannya sekarang.

Okey, sedikit gambaran, tema cerpan saya ini bisa dibilang standar banget. CINTA. Dan konfliknya juga klise banget. CINTA SEGITIGA. Satu wanita dengan dua pria. Saya ga bisa bilang siapa pemeran utama dan siapa pemeran pembantu dalam cerpan saya ini, karena gara-gara permasalahan yang saya alami, saya malah berniat untuk menukar peran mereka. Hihhiii...

Saya pengen seperti penulis-penulis yang laen. Saya pengen bisa profesional, menulis sebuah cerita tanpa terbawa perasaan. Tapi itu berat banget... http://www.emocutez.com

Makanya saya perlu bantuan kalian, siapa aja yang baca postingan ini, untuk bantu saya memilih siapa yang pantas jadi pemeran utama dan siapa yang jadi pemeran pembantunya.

Okey, let's start. Saya ibaratkan aja tampang salah satu pemerannya seperti ini...


Namanya Elmy.
Asli Indonesia.
Tinggi 185 cm, berat 69 kg.
Umur 25 tahun.
Agak angkuh, susah ngungkapin perasaan, tapi cinta mati sama Liz.

(Liz adalah pemeran utama wanita dalam cerpan saya...)

Dan lagi-lagi kita ibaratkan tampang pemeran yang lainnya seperti ini...


Namanya Nathan.
Keturunan Afrika-Inggris.
Tinggi 190 cm, berat 75 kg.
Umur 27 tahun.
Pendiam, protektif, dan diam-diam juga cinta mati sama Liz.

Dan di antara dua pria khayalan di atas, saya ternyata jatuh cinta sama salah satunya. Saya ga mau bilang yang mana, takutnya malah mempengaruhi pilihan kalian nantinya.

Jadi sekarang saya minta tolong, siapa pun yang baca postingan saya ini, kira-kira menurut kalian siapa di antara dua pria ini yang pantas pada akhirnya menjadi pemeran utama di cerpen saya. Atau setidaknya berhasil mendapatkan hatinya Liz lah (jiaaahhhh...)

Untuk lebih memudahkan kalian dalam memilih, saya juga kasih gambaran tentang Liz...


Namanya Liz (lengkapnya Listia).
Asli Indonesia juga.
Tinggi 175 cm, berat 58 kg.
Umur 24 tahun.
Pekerjaan : advertising planner
Modern, aktif, teguh pendirian, bodoh soal perasaannya sendiri...

Jadi... saya sudah kasih gambaran, dan saya bener-bener berterima kasih banget untuk kalian yang nyempat-nyempatin ngasih pendapat. Itu bener-bener membantu saya. Makasih... makasih... makasih...http://www.emocutez.com

7 ocehan mereka:

reni on 1 November 2009 at 11:44 said...

Duh... lama bener cerpennya menunggu utk diselesaikan mbak..?
He eh..., sulit juga ya utk menentukan siapa yg jadi pasangan "Liz".
Kalau aku sih.., pengen Liz jadian sama Elmy aja, meskipun usianya lebih muda, tapi dia gak protektif spt Nathan.
Boleh kan...? ^_^

reni on 1 November 2009 at 11:45 said...

Wah, jadi yang pertama rupanya... Asyikkk... ^_^

reni on 1 November 2009 at 11:46 said...

Ups sorry.., ada yang kelupaan nih. Aku nih tadi mampir kesini utk kasih tahu bahwa ada award utkmu. Tolong awardnya dijemput disini :
http://another-reni.blogspot.com/2009/10/bertepatan-dengan-perayaan-sumpah.html
Aku tunggu ya...?

Sang Cerpenis bercerita on 3 November 2009 at 23:09 said...

nathan aja deh yg jadi tokoh utama cowok

blue_fantasy on 4 November 2009 at 08:27 said...

apapun pilihan km,,u r the creator.....mau km mati in semua...itu terserah km,,yg penting...pesan apa yg ingin km sampaikan pd readers km,,,semangat...

Sang Cerpenis bercerita on 10 November 2009 at 12:35 said...

gimana nih ceritanya? dah ketemu siapa tokoh utama cowoknya?

Si_Isna on 10 November 2009 at 19:13 said...

@fanny : udah mba... meskipun dengan berat hati memilihnya... hicks... cerita tetap jalan.... heheee...

Post a Comment

Makasih banget deh udah nyempat-nyempatin baca... lebih makasih lagi kalau ditambah komennya...

1 November 2009

S.O.S

Posted by Si_Isna at 11:29
Tolong saya... saya sedang dalam status memerlukan pertolongan, and for God sake I really need one...

Semuanya berawal sekitar lima tahun yang lalu. Saya yang dari dulu memang suka banget menumpahkan semua perenungan, pemikiran, pertanyaan, imajinasi, sumpah serapah, kedongkol... yah, pokoknya semua yang ada di pikiran saya ke dalam tulisan, pada akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah cerita panjang. Awalnya, saya berencana untuk menyebut karya (wannabe) saya ini sebagai sebuah novel, tapi saya ga yakin apa tulisan saya tersebut sudah masuk kategori novel atau belum, jadi saya putuskan untuk menyebutnya cerita panjang a.k.a cerpan... hehheee...

Singkat cerita, alur cerpan saya pun berjalan seperti yang sudah saya rencanakan, terus mengalir... hingga terkadang saya merasa seakan-akan juga ikut terseret masuk ke dalam cerita yang saya buat.

Tapi tiba-tiba tulisan saya mandeg di tengah jalan karena saat itu saya mulai bergabung sebagai penyiar di salah satu radio swasta di Banjarmasin. Saya terlalu asyik dengan kegiatan saya sampai-sampai cerpen saya pun terbengkalai.

Di tengah jalan, saya kepikiran lagi sama tuh cerpan. Apalagi saya dapat semangat dari Nuna, teman kos saya yang saat itu juga lagi getol-getolnya nulis novel pertamanya (kira-kira sekarang udah selesai belum ya novel dia...?? http://www.emocutez.com ).
Dan berlanjutlah proses tulis menulis cerpan sambil sesekali saya bertukar ide sama Nuna (yang jarang banget update blog-nya... grrr... http://www.emocutez.com )

Tapi lagi-lagi ide saya mandeg, padahal cerpan saya udah sampai ke konflik permasalahan. Kali ini dikarenakan saya harus konsentrasi sama skripsi saya. Bener-bener ga ada waktu lagi buat mikirin cerpan sementara saya saja juga harus nyempat-nyempatin ngerjain skripsi disela-sela pekerjaan (sekedar intermezzo : dulu saya kuliah sambil bekerja). Dan kembali, cerpan saya lagi-lagi terlupakan untuk semementara.

Tapi akhirnya saat-saat itu datang juga. Saya mengundurkan diri dari pekerjaan dan saya juga berhasil menyelesaikan kuliah saya. Saatnya untuk menyelesaikan apa yang sudah saya mulai lima tahun yang lalu.

J.K. Rowling pernah bilang seperti ini...
untuk mendapatkan alur cerita yang bagus, cukup biarkan saja ia mengalir

Dan itulah yang saya lakukan. Saya biarkan alur cerpan saya terus mengalir, dan jujur aja, saat saya baca kembali, saya juga ga nyangka kalau cerpan saya itu terasa hidup banget (narsis mode on... hehhee...), sampai akhirnya saya menemukan masalah.

Saya terjebak oleh cerita saya sendiri.
Atau lebih tepatnya...
Saya jatuh cinta sama tokoh ciptaan saya sendiri...
Yang lebih gawat lagi, dia bukan pemeran utama dalam cerpan saya... yang berarti pada akhirnya dia diharuskan untuk kalah.
Tapi saya ga mau...
Saya mau dia yang menang...
Dan itulah permasalahannya sekarang.

Okey, sedikit gambaran, tema cerpan saya ini bisa dibilang standar banget. CINTA. Dan konfliknya juga klise banget. CINTA SEGITIGA. Satu wanita dengan dua pria. Saya ga bisa bilang siapa pemeran utama dan siapa pemeran pembantu dalam cerpan saya ini, karena gara-gara permasalahan yang saya alami, saya malah berniat untuk menukar peran mereka. Hihhiii...

Saya pengen seperti penulis-penulis yang laen. Saya pengen bisa profesional, menulis sebuah cerita tanpa terbawa perasaan. Tapi itu berat banget... http://www.emocutez.com

Makanya saya perlu bantuan kalian, siapa aja yang baca postingan ini, untuk bantu saya memilih siapa yang pantas jadi pemeran utama dan siapa yang jadi pemeran pembantunya.

Okey, let's start. Saya ibaratkan aja tampang salah satu pemerannya seperti ini...


Namanya Elmy.
Asli Indonesia.
Tinggi 185 cm, berat 69 kg.
Umur 25 tahun.
Agak angkuh, susah ngungkapin perasaan, tapi cinta mati sama Liz.

(Liz adalah pemeran utama wanita dalam cerpan saya...)

Dan lagi-lagi kita ibaratkan tampang pemeran yang lainnya seperti ini...


Namanya Nathan.
Keturunan Afrika-Inggris.
Tinggi 190 cm, berat 75 kg.
Umur 27 tahun.
Pendiam, protektif, dan diam-diam juga cinta mati sama Liz.

Dan di antara dua pria khayalan di atas, saya ternyata jatuh cinta sama salah satunya. Saya ga mau bilang yang mana, takutnya malah mempengaruhi pilihan kalian nantinya.

Jadi sekarang saya minta tolong, siapa pun yang baca postingan saya ini, kira-kira menurut kalian siapa di antara dua pria ini yang pantas pada akhirnya menjadi pemeran utama di cerpen saya. Atau setidaknya berhasil mendapatkan hatinya Liz lah (jiaaahhhh...)

Untuk lebih memudahkan kalian dalam memilih, saya juga kasih gambaran tentang Liz...


Namanya Liz (lengkapnya Listia).
Asli Indonesia juga.
Tinggi 175 cm, berat 58 kg.
Umur 24 tahun.
Pekerjaan : advertising planner
Modern, aktif, teguh pendirian, bodoh soal perasaannya sendiri...

Jadi... saya sudah kasih gambaran, dan saya bener-bener berterima kasih banget untuk kalian yang nyempat-nyempatin ngasih pendapat. Itu bener-bener membantu saya. Makasih... makasih... makasih...http://www.emocutez.com

7 comments on "S.O.S"

reni on 1 November 2009 at 11:44 said...

Duh... lama bener cerpennya menunggu utk diselesaikan mbak..?
He eh..., sulit juga ya utk menentukan siapa yg jadi pasangan "Liz".
Kalau aku sih.., pengen Liz jadian sama Elmy aja, meskipun usianya lebih muda, tapi dia gak protektif spt Nathan.
Boleh kan...? ^_^

reni on 1 November 2009 at 11:45 said...

Wah, jadi yang pertama rupanya... Asyikkk... ^_^

reni on 1 November 2009 at 11:46 said...

Ups sorry.., ada yang kelupaan nih. Aku nih tadi mampir kesini utk kasih tahu bahwa ada award utkmu. Tolong awardnya dijemput disini :
http://another-reni.blogspot.com/2009/10/bertepatan-dengan-perayaan-sumpah.html
Aku tunggu ya...?

Sang Cerpenis bercerita on 3 November 2009 at 23:09 said...

nathan aja deh yg jadi tokoh utama cowok

blue_fantasy on 4 November 2009 at 08:27 said...

apapun pilihan km,,u r the creator.....mau km mati in semua...itu terserah km,,yg penting...pesan apa yg ingin km sampaikan pd readers km,,,semangat...

Sang Cerpenis bercerita on 10 November 2009 at 12:35 said...

gimana nih ceritanya? dah ketemu siapa tokoh utama cowoknya?

Si_Isna on 10 November 2009 at 19:13 said...

@fanny : udah mba... meskipun dengan berat hati memilihnya... hicks... cerita tetap jalan.... heheee...

Post a Comment

Makasih banget deh udah nyempat-nyempatin baca... lebih makasih lagi kalau ditambah komennya...

My Blog List (testing what a long title looks like)

 
Blog Design by Template-Mama.